Rammadhanial Ajak Semua Menikmati Hidup Melalui Single Baru Berjudul Enjoy The Tragedy


USAI melepas single berjudul Broke Into Pieces pada Oktober 2021 lalu, penyanyi asal Banjarnegara bernama Wahyu Rammadhani dengan proyek musiknya Rammadhanial kembali dengan Enjoy The Tragedy secara digital. Dalam perilisannya kali ini, Rammadhanial barengi dengan suguhan visual berupa video musik dengan nuansa pop-punk seperti lagu Rammadhanial sebelumnya.

Pada lagu Enjot The Tragedy kali ini, seluruh instrumen yang dimainkan sendiri saat proses rekaman. Meski begitu untuk penampilan panggungnya tetap dibantu oleh rekanan.

Bicara mengenai Enjoy The Tragedy, Rammadhanian menceritakan bahwa diawali dari dua 'tragedi' yang terjadi hampir bersamaan, kemudian pada Juli 2021 lagu tersebut mulai dirangkai. Tragedi pertama yang terjadi adalah tentang problematika asmara, dimana untuk pertama kalinya dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis, perihal restu dan tanggapan miring dari keluarga kekasih, terjadi.

Dari situlah, rasa untuk menulis bait-bait lirik, meramu nada, dan menggubahnya menjadi sebuah lagu penuh yang harmonis, muncul," kata Rammadhanial.

Dapat dikatakan, lanjut dia, tragedi yang pertama ini merupakan sebuah 'trigger' untuk membuat satu lagu baru. Namun, kisah yang diangkat dalam musik video untuk lagu ini bukanlah tentang asmara seperti yang dijelaskan di atas, namun lebih difokuskan tentang tragedi yang kedua.

Jadi, Enjoy The Tragedy merupakan sebuah lagu yang sebenarnya memiliki arti ganda. Tidak gamblang, tidak tertuju pada satu cerita. Tragedi yang kedua, mengkangkat seputar tema sosial atau kehidupan yang dalam hidup, kita sebagai makhluk sosial dapat dipastikan tidak akan luput dari sebuah kesalahan. Baik kesalahan yang disengaja, maupun kesalahan yang secara tidak sadar kita lakukan, baik skala kecil atau skala besar.

Sehingga dari hal-hal tersebut, dapat menyakiti perasaan beberapa atau bahkan banyak orang. Hidup ini penuh dengan lika-liku, penuh dengan kejutan yang tidak sama sekali kita sangka akan terjadi, atau dapat dikatakan diluar nalar dan ekspektasi. Wajar apabila dari hal-hal tersebut kita mendapat kritikan, dan buntut permasalahan lainnya," ujar dia.


Namun, kata dia dengan adanya kesalahan, justru dapat mengambil pelajaran-pelajaran yang dapat kita pelajari dan kita aplikasikan untuk menjadi manusia yang lebih baik, dan telah mengetahui segala kesalahan yang lalu untuk kita hindari sebagai mana mestinya. Kritikan itu berharga, kritikan itu indah. Apalagi, untuk manusia-manusia yang sedang mengalami transisi dari remaja, ke dewasa.

Enjoy The Tragedy adalah pernyataan, bahwa apapun yang terjadi hidup akan terus berjalan, bahwa masalah akan selalu ada selama kita masih hidup, bahwa berhenti dan menyerah bukanlah pilihan. Lagu ini merupakan ajakan untuk diri sendiri, kekasih, teman-teman seperjuangan untuk melupakan semuanya, untuk melangkah bersama mengarungi dan menikmati segala tragedi yang ada, melampaui batasan diri dan mengatasi problematika yang sudah dan yang akan terjadi.

Untuk membuktikan kepada mereka yang pernah meremehkan, untuk membuktikan bahwa kita dapat melakukan apa yang ingin kita lakukan, tanpa batas dan tanpa sekat sebagai mana hak asasi kita sebagai manusia, bahwa kita dapat mewujudkan segala mimpi-mimpi yang sedang dirintis. Enjoy The Tragedy merupakan pembuktian serta pernyataan siap, siap untuk bangkit.

Bangkit dari rasa sakit, bangkit dari keterpurukan, bangkit dari stigma yang tidak bagus, dan bangkit dari ketidakpercayaan diri meskipun, perasaan-perasaan takut dan ragu masih ada. Namun, bagaimanapun juga, hidup harus kita nikmati. Selain dapat dinikmati dalam format video musik, single ini juga sudah dapat dinikmati di semua gerai musik digital yang ada. 
Copyright © Acarakita Indonesia. Designed by OddThemes