SEBUAH album live dari unit reggae asal Purwokerto, Jhony Freedom bertajuk 'Live at Hirataka Music & Art #1' menambah daftar koleksi digital penikmat musik global. Pasalnya, sejak Senin (21/9/2020) lalu album tersebut sudah bisa didapatkan diberbagai platform music digital.

Album live yang diambil saat pre-launching album penuh kedua mereka ini menjadi istimewa mengingat pandemic yang terjadi menjadikan semua elemen terkena dampak, tidak terkecuali Jhony Freedom. Materi album yang sudah dipersiapkan jauh sebelum terjadi pandemic akhirnya 'nekat' untuk tetap merilis album penuh keduanya secara fisik, disusul dengan perilisan secara digital.

"Untuk materi sudah ada dan disiapkan bahkan setelah album pertama dulu dirilis, banyak hal yang membuat perilisan kedua ini tertunda yang salah satunya yakni faktor finansial," kata mereka melalui press release yang diterima acarakita.net, Jumat (6/11/2020) pagi.

Sama halnya seperti album bertama, untuk proses kreatif dari album kedua bertajuk Obah ini dilakukan secara mandiri bahkan hingga penjualan sekalipun oleh setiap personil. Tidak jarang juga demi sampai kepada khalayak lebih luas, personil Jhony Freedom bersedia untuk jemput bola langsung.

Launching dari album Obah yang rencananya dilakukan tidak lama setelah perilisan secara fisik akhirnya terhalang karena adanya pandemic coronavirus (covid-19) ini. Karena tidak ingin kehilangan momen perilisan, dilakukanlah pre-launching juga secara mandiri dengan virtual yang bekerjasama dengan berbagai pihak pendukung.

"Kami ingin terus bergerak, terus obah meskipun kondisi yang sekarang sedang terjadi memaksa untuk berbeda dari biasanya dan kebiasaan baru ini harus tetap produktif," ujarnya.

Mengambil tempat di Hirataka Music & Art yang berada di Banyumas, berhasil terlaksana dengan baik termasuk output audio yang dirasa cukup layak diperdengarkan. Bekerjasama dengan Acarakita Indonesia sebagai pihak pendistribusi sekaligus publisher dan SR Sound Solution, akhirnya audio dari pre-launching ini dirilis secara digital.

Ada 8 audio dengan lagu dari album pertama dan album kedua dihadirkan dalam album Live at Hirataka Music & Art #1 ini. Perilisan ini jadi pemantik semangat untuk selalu obah atau bergerak sesuai dengan spirit yang ada dalam album penuh kedua yang sudah dirilis ke pasaran.


Pantauan tim acarakita.net, beberapa lagu milik Jhony Freedom dalam album Live at Hirataka Music & Art #1 tersebut bahkan sudah digunakan sebagai backsound oleh pengguna aplikasi tiktok, Topeng dan Rumahku menjadi audio yang paling diminati.

Live at Hirataka Music & Art #1 juga sudah bisa didapat melalui semua platform digital music yang ada seperti spotify, itunes, deezer, langit musik, joox, dan lainnya. Harapan yang umum untuk kondisi saat ini, yakni supaya keadaan lekas membaik dan proses kreatifitas dari sebagian pegiat seni dapat lebih tereksplorasi dengan lebih luas.