DITENGAH pandemic global Coronavirus (Covid-19) ternyata ada kabar gembira dari pergerakan musik Purwokerto, salah satunya dengan dirilisnya single bertajuk Rose oleh unit grunge TRY!!!! pada Jumat (20/3/2020) lalu. Lagu dari single ketiga dari band yang dibentuk 2015 silam menjadi penyegar serta teman saat berdiam diri di rumah.

"Lagu ini sebenarnya sudah siap lebih dari setahun lalu, namun karena beberapa kendala teknis yang akhirnya baru dirilis pertengahan Maret 2020 ini," kata TRY!!!! dari press release yang diterima acarakita.web.id, Minggu (22/3/2020) siang.

Menurut mereka, gerakan #dirumahaja atau yang lebih dikenal work from home dirasa menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan single ini sebagai 'teman' dimasa yang kurang kondusif seperti saat ini.

Cerita tentang lagu ini sebenarnya klasik, yakni kekaguman seorang pria kepada wanita hingga membuat sang pria takjub sampai akhirnya mematri pikirannya bahwa she's the one. Namun, kekagumannya berubah seiring berjalannya waktu dimana keberadaan wanita tersebut tak lain memberi rasa sakit.

Seperti biasa, cerita klasik tersebut menjadi istimewa dengan sound dan lirik istimewa oleh band yang sempat menjadi band favorite dari gelaran Proudphare regional Purwokerto diawal 2020 lalu.

Bunga mawar menjadi metafor untuk mendeskripsikan kondisi itu oleh Revy dalam menulis lirik. Dalam pengerjaan musiknya, lagu ini masih dikerjakan secara keroyokan oleh semua personil TRY!!!! dan lagu ini juga menjadi ekplorasi mereka menciptakan lagu dengan tempo yang lebih pelan untuk menghasilkan mood yang melankolis untuk mengangkat tema lirik.


Tempo lebih lambat dipersembahkan TRY!!!! dalam lagu Rose yang membuatnya lebih mudah untuk dinyanyikan bersama. Selain itu juga penggunaan modulasi lebih banyak dari sebelumnya untuk menciptakan vibe yang berbeda dengan kembali mempercayakan IGNOREcord sebagai tempat merekamnya serta dibantu Wildtunes Record untuk distribusi digital.